Senin, 03 Juni 2013

Curug Sewu, Eksotis dengan Ademnya

 

Berkaca itu membuatku frustasi. Tahu kenapa? Muka udah kotak-kotak kek laptop, jerawatan kek tuts keyboard...hahaha ngasal ah! Jadi pada intinya menjadi mahasiswa yang pacaran ama tugas dan ngedate rutin ama laptop itu ngebosenin. Loh, jadi curcol banget. Abaikan, yuk maen biar nggak cepet tua. Nah kalau dengar ajakan berbau fun.fun.fun oh yeah.. yo mangkat toh ya J
Weekend kali ini jalan ke air terjun seru deh. Yang deket, cari...dan nanya, ketemu Curug Sewu di daerah Kendal. Hanya butuh satu setengah jam-an dari Semarang. Alurnya kalau dari kos saya, Sekaran-Gunung Pati-Mijen-Boja-Singorojo-Curug Sewu. Barengan sama temen jalan saya yang baik hati, Addin Kartasukmana. Terbakar udara Semarang selama bertahun-tahun (drama queen), membuat hidung berasa lega pas motor melaju masuk daerah Mijen. Apalagi waktu kami berangkat masih lumayan pagi, ditambah mataharinya samar-samar kena mendung. Pemandangan sawah-sawah yang lumayan lah, sejuk. Apalagi waktu melewati kawasan kebun karet, rimbun semilir-semilir gimana gitu :p. Pemandangan sepanjang jalan over all cukup menghibur otak saya yang sering cemumut-cemumut. Ini list-nya... pertama lewat sawah-sawah, kebun karet, kali dengan batu-batuan gede, bukit-bukit bonus view gunung gitu, kebun buah, kebun cengkeh, dan rumah penduduk.. Kondisi jalan lumayan lah.. lumayan ancur kikikik.. belubang-lubang di tengah tanjakan, biasa aja deh. Abaikan dan lanjut jalan yuh.. Oiya untuk akses kendaraan umum menuju tempat ini sepertinya juga telah tersedia. Melihat dari saat jalan kami beberapa kali berpapasan dengan angkudes. Yah, meskipun saya kurang tahu alur ngetengnya.

Sungai, jalan ke curug

Kebun Karet, di tengah jalan ke curug



Abaikan orang kurang kerjaan ini




Lokasi Curug Sewu tepatnya berada di desa Curug Sewu, Patean, Kendal. Sebagai tempat wisata lokasi tempat ini bukan masuk golongan perawan lagi. Tempat ini telah terjamah pengelolaan pemerintah terbukti dari fasilitas-fasilitas tambahan di dalam kawasan. Kolam renang, kebun binatang mini, mushola, play ground, juga stan pedagang makanan. Akses anak tangga menuju air terjun juga telah di buat sedemikian rupa.  Untuk tiket masuk kawasan sebesar Rp 3200,- nanggung banget yak.. kata si ibu penjaga loket sih yang dua ratus perak buat asuransi. Tapi pas mau turun ke air terjunnya ada pos penjualan tiket lagi. “Lhah apa bedanya,Pak? Kenapa ndak disatuin di depan aja?” jawabnya si bapak penjaga tiket,”Beda jurusan,dek. Yang depan pariwisata, kalau ini untuk air terjunnya, kita dari perhutani.” Jadi pada intinya baya Rp 6200,-. Nah, karna tempat ini sudah dikelola sedemikian rupa, sering juga ada acara-acara tertentu seperti konser-konser gitu, yang paling sering sih dangdutan. “Kalau ada dangdutan tiket depan sepuluh ribu.” Ah untung lagi ga ada dangdutan, I love my country, but dangdut iiiis.. little bit dislike.heu..
Okeh, move to Curug Sewunya yah. Ini air terjun yang unik. Kok bisa? Jadi curug Sewu adalah sebuah air terjun bertingkat. Tiga tingkatnya masing-masing memiliki tinggi yang berbeda 45 m, 15 m, 20 m. Jatohnya ini air terjun panjang, tinggi, dan berkelok. Unfortunately saya cuma menikmati yang undakan pertama. Heu..heu.. jalan ke dua tingkat selanjutnya bikin kagak sanggup. Iya emang, manja.. hahaha :p Awalnya saya mah, teteup dong keras kepala ngeyel, “Pokokmen kudu nyampe bawah.” Temen saya cuma ketawa tok dengernya. Etdah jalan ke dua undakannya iku loh.. belum pakai tangga, kek di gunung-gunung gitu, terjal-terjal memerosokkan.. hahaha I am not Mapala, that’s it. Malu ah, segitu tok nyerah yak, padahal punya mimpi naek puncak Mahameru..hu.. sorakin diri sendiri. Dan saya menyerah di tengah jalan. “Balik ke atas aja wis. Ga mau nekat, entar kalo naeknya ga kuat...” suara ngosngosan saya.heheg. 

From besides


From above


Kali yang airnya ngalir dan terjuuuun


Namanya Jembatan Sentral


Another side


Ga tau kenapa.. di deket pintu masuk ada vespa raksasa ini


Masih bisa senyum.. pas jalan, setelah itu... jangan tanya!


Jeprett.. pas istirahat setelah mencoba meluncur ke air tejun yang paling bawah tapi gagal
 
Monyetnyaaa.. eh itu belakannya roller coaster loh..bekarat, kalo saya mah kagak berani naek


Banyak batu-batu gede gitu


Biarin dah, yang bisa dilihat itu juga keren banget kok. Dari aliran paling atas, seperti aliran sungai biasa, lalu meluncur melebar ke bawah. Airnya cukup jernih untuk ukuran seringnya hujan mengguyur. Deres, ini juga yang menghalangi turun ke bebatuan di bawah air terjun pas. Akses jalannya di tutup. Memandang cantiknya sambil lakukan ritual, berdiri deket-deket air terjun, pejamkan mata dan rasakan betapa tampias air manyejukkan hidupmu..perfect! Indah, bentuk air terjun yang melebar menambah uniknya, bebatuan besar serta pepohonan berlumut. Tambahan informasi, tentang keberadaan monyet-monyet liar yang naudzubillah usilnya. Hati-hati dengan barang bawaan.
Mau yang cantik lagi? Ada gardu pandang, naik ke situ dan pemandangan pegunungan dengan sungai berkelok-kelok siap menyambut senyum manis kamu.. Kurang cantik lagi? Liatin saya aja deh. hahahag :p
 




Well, saatnya bilang “Tuhan, terima kasih untuk hari ini”.
 



0 komentar:

Posting Komentar

Yours: