Rabu, 08 Mei 2013

Telaga Sarangan, Tolong Jangan Tenggelam




Matanya ajaib cintaa.. Dengar adzan Subuh dia langsung mentereng loh. Andai tiap hari kek gini. Sholat Subuh di surau kampung. Klek.. buka pintu, sumpah dinginnya menusuk-nusuk jantung mamaa. Tapi terbayar dengan sreet.. pandanglah kelangit, bintang-bintang semalam masih menyisakan pertemananya untukmu dan siluet sabit bulan yang cantik banget kek sayaa heheheg :p
Pulang Sholat Subuh masih jam lima. Maunya menggulung diri dengan selimut, tapi kebiasaan cepet tidur pules akan berbahaya. Disini tak ada gedoran pintu dari teman kos seperti biasanya kan.
Sekitar jam enam pagi saya keluar dari penginapan. Diantar anak pemilik rumah ke Terminal Tawangmangu pakai ganti uang bensin Rp 5.000,-. Agak was-was dengan ankudes ke arah sarangan, kemarin sempat nanya-nanya penduduk sekitar katanya angkot ke sana jarang, kecuali mau carter. Tetap optimis saya nanya-nanya lagi, “Ada kok dek, mobil Bagong ke sana tapi nanti agak siangan, jam tujuh.” Plong rasanya.

Pagi itu saya membeli sarapan di pasar Tawangmangu. “Makan sini dek? Mau apa, bubur apa nasi tumpang?” Uiiik nasi tumpang. Ay..Ay.. akhirnya nemu nasi tumpang di Jawa Tengah. Di kampung saya, Kediri yang indah, nasi tumpang menjadi favorit. Cukup Rp 6.000,- nasi tumpang dengan tambahan lauk ampela ati, mengenyangkan.

Selesai makan, saya balik lagi ke pojok pasar Tawangmangu. Angkot Bagong yang dimaksud tak kunjung datang. Sabaaarrrr... selama nunggu angkot ini teman ngobrol saya.


Si mbah dengan baik hati melaadeni pertanyaan-pertanyaan oneng saya. Bercerita ini-itu. Kemampuan bahasa kromo saya yah.. masih nggak parah-parah amat lah. Heheg J

Jam tujuh lebih angkotnya kok belum muncul yah.. Si Mbah ikut menanyakan ke sopir-sopir yang ngetem. “Jajal nok, sing ngarepe toko Mawar kui katone pak Bagong. Mara’a.” Coba nak yang di depan toko Mawar itu kelihatannya Pak Bagong, coba aja ke sana. Oalah... ternyata Bagong itu nama orang heheheg saya kira nama jenis angkudes ke Sarangan. Onengnyaaah

Akhirnya mobil L300 milik pak Bagong inilah yang membawa saya ke Sarangan. Mobil ini yang rutin setiap harinya berangkat ke Sarangan. Memang angkot berderet-deret di terminal, tapi tidak semuanya sampai ke Sarangan. Rp 15.000 untuk sekali jalan. Barengan ibu-ibu yang berangkat jualan ke pasar Plaosan, yah.. tentu agak sesek karena dagangan bawaan, ga papa deh. Orang yang ramah dan baik hati. Saya bahkan dianter masuk ke Sarangannya langsung, ga bayar tiket masuk deh jadinya. Satu yang nempel banget di otak, “Dek nanti kalo balik jangan mau ditawarin mobil di pertigaan ya.Nipu semua. Jalan naek aja, kamu pake mobil kayak gini lagi. Nunggu lama ga papa, asal murah.” Ibu disebelah saya bilang kek gitu lima belas kali, sempet saya itung. Heheg :P

Telaga Sarangan sudah masuk wilayah Magetan, Jawa Timur. Kontur iklim dan tanahnya masih sekandung dengan daerah Tawangmangu, sawah-sawah terhampar dengan aneka sayur. Dikelilingi gunung termasuk gunung lawu dengan Cemoro Kandang dan Cemoro Lawangnya. Pemandangannya lebut, sejuk,cantik. Ibarat mata perempuan yang bernyanyi, "Kemarilah, berteduhlah dalam pelukanku." Loh... hehe iya gitu tenang bawaannya, tapi nggak sampe nglamun trus diem-diem pengen tenggelem di situ juga. Sepatah-patah hatinya orang, tenggelem tuh sakit loh! Apa sih Ghe.. apa? Plis!





















Nah kalau yang ini pemandangan menuju ke Serangan berbayang Gunung Lawu yang gagah.




Pemandangan cantik Sarangan serasi sekali dengan suasana pendukungnya. Perahu sekali putaran empat puluh ribu (untuk 6-7 orang), kuda-kuda sewaan, pasar oleh-oleh dan sayuran  dan tak ketinggalan sate ayam dan sate kelinci. Lebih dari sekedar pelepas kejenuhan. Apalagi untuk saya, tempat-tempat cantik ini telah membuat saya belajar tentang benyak hal. Jalan sendirian membuat saya tahu tingkat keren liburan itu ternyata tidak sekedar kita datang ke tempat wisata, foto, update status, dan upload fotonya. Belajar berinteraksi dengan penduduk sekitar, mengamati kegiatan mereka, merasakan kaki lecet atau kepleset, berdesakan dengan tumpukan tempe di dalam microbus, semuanya ada sisi cantik tersendiri. Ternyata cantik yang diberikan Tuhan itu bisa ditafsirkan dalam segala bentuk. Terimakasih, I LOVE MY TRIP J






0 komentar:

Posting Komentar

Yours: